Thursday, February 16, 2012

Tugas mata kuliah Penelitian Laboratorium

Menghitung gaya tegang tali dengan menggunakan hukum 1 Newton.

Salam fisika,, akhir nya setelah liburan yang dirasa sebentar, hehe, kami mulai memasuki dunia perkuliahan, udah semester 6,, tinggal 2 semester lagi ni,, semoga cepat lulus,, amin,, hehe. tanggal 6 Februari kemarin kami mulai masuk, dan tidak seperti biasa nya,, udah mulai banyak tugas yang muncul,, salah satu nya mata kuliah Penelitian Laboratorium,, jadi kami diberi tugas untuk mencari eksperimen sederhana supaya bisa digunakan oleh murid murid sekolah walaupun tidak tersedia alat-alat penunjangnya.




Kami diberi waktu sekitar 1 bulan untuk mencari dan konsul kepada dosen,, dalam kelas kami dibagi dalam beberapa kelompok dan satu kelompok diisi oleh masing-masing 3 orang, kelas kami ada 39 orang, jadi ada 13 kelompok di kelas kami, dan anggota kelompok dipilih secara acak oleh dosen,, yang biasa nya jarang tuh! kami biasa nya milih sendiri, cari yang pinter-pinter,jadi enak ngerjakannya, hehe.

setelah mencari, menimbang, mengukur (apalagi? hehe) akhir nya kelompok kami memutuskan untuk memilih satu percobaan seperti judul diatas,, "Menghitung gaya tegang tali dengan menggunakan hukum 1 Newton". jadi kami menghitung berapa beban maksimal yang dapat digantung sebelum tali nya putus,, prinsip kerjanya seperti jembatan gantung gitu..

Gambar nya gini ni ,,

jadi hukum newton 1 yang digunakan disini,, ingat gak?? hehe
syarat nya yaitu 

Rumus_1
Syarat Kesetimbangan
jadi Στ nya sama dengan nol, hal ini yang membuat benda itu seimbang. jadi dalam gambar tersebut berlaku sejumlah gaya dan kalau dijumlahkan sama dengan nol. jadi nanti percobaan yang kami gunakan alat-alatnya kami menggunakan barang-barang bekas sehingga mempunyai nilai lebih dan bermanfaat bagi lingkungan. nanti kalau sudah maju presentasi saya akan laporkan hasil perhitungannya, hehe,, sampai dsini dulu semoga bermanfaat.. Terima kasih,,,

No comments:

Post a Comment