Thursday, May 15, 2014

Fisika Terapan : Pesawat Terbang

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam fisika buat kita semua.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pesawat terbang, asal mulanya, prinsip nya dalam fisika, kenapa bisa terbang?. semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Manusia, sejak awal diciptakan, sudah terinspirasi dari alam dalam pengamatannya. salah satunya yaitu mengamati burung-burung yang dapat mengangkasa, manusia ingin terbang mengikuti burung-burung tersebut. mengelilingi alam dengan bebas, menjadi salah satu impian manusia. banyak cara untuk menggapainya, ratusan, bahkan ribuan orang yang mecobanya,



(http://idespesial.blogspot.com/2013/06/inilah-usaha-manusia-saat-pertama-kali-ingin-terbang.html)

seseorang dari negeri tirai bambu bernama Yuang Huang Tou terbang menggunakan layang-layang. Pemuda yang juga seorang pangeran ini berhasil terbang dan mendarat dengan selamat. Setelah itu banyak sekali yang mecoba mulai dari menggunakan layang-layang, sayap buatan, pesawat terbang sederhana, sampai pesawat bermesin. 
(http://idespesial.blogspot.com/2013/06/inilah-usaha-manusia-saat-pertama-kali-ingin-terbang.html)

Akhirnya Wright Brother berhasil menciptakan pesawat bermesin pertama yang mengangkasa dan berhasil mendarat dengan selamat, impian manusia untuk bisa mengangkasa bukan lagi mimpi disiang bolong, tetapi sudah menjadi kenyataan sejak saat itu sampai sekarang.

(http://2.bp.blogspot.com/)

(http://www.airbus.com/)

Dalam fisika, fenomena pesawat terbang di jelaskan oleh persamaan bernoulii pada bab fluida dinamis. bab ini di jelaskan pada kelas XI SMA. kita akan bahas sedikit mengenai persamaan bernoulii dan akan mengetahui bagaimana pesawat dapat terbang dan mendarat, biarpun ukuran pesawat itu sangat besar.

Persamaan bernoulli dibagi menjadi 2 , yaitu untuk aliran yang termampatkan dan aliran yang tidak termampatkan. persamaan ini sudah disederhanakan dri aslinya. 

Aliran yang termampatkan : 




\phi \, = energi potensial gravitasi per satuan massa; jika gravitasi konstan maka \phi = gh \,
 w \, = entalpi fluida per satuan massa

Aliran yang tak-termampatkan : 




v = kecepatan fluida
g = percepatan gravitasi bumi
h = ketinggian relatif
p = tekanan fluida
\rho = massa jenis fluida



Biasa nya persamaan yang kedua yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan IPA. persamaan ini dipakai untuk mengetahui bagaimana besar gaya angkat pada pesawat terbang. 

Pesawat dapat terbang dari landasan pacu terjadi menggunakan prinsip atau asas bernoulli diatas, terjadi aliran udara yang mengenai sayap pesawat, jadi kunci utama dari terbang nya pesawat yaitu desain dari sayap pesawat tersebut.

Pesawat dapat terangkat hal ini dikarenaksn kecepatan aliran udara diatas sayap pesawat lebih besar daripada kecepatan aliran udara dibawah sayap pesawat. hal ini mengakibatkan tekanan udara diatas sayap pesawat lebih kecil daripada tekanan udara dibawah sayap pesawat, sehingga pesawat dapat terangkat.

(http://www.fat.net76.net/Fisika/AsasBernoulli/materi04.html)

tekanan berbanding lurus dengan gaya,  jadi gaya di bawah sayap pesawat lebih besar daripada gaya diatas sayap pesawat. hal inilah yang mengakibatkan pesawat dapat terangkat. Untuk pesawat mendarat, sistemnya berkebalikan dengan pesawat lepas landas. 

Gaya angkat pesawat ini sendiri dapat dihitung dengan persamaan :


P2 : tekanan dari atas pesawat, satuannya Pa
P1 : tekanan dari bawah pesawat, satuannya Pa
F : gaya angkat pesawat, satuannya N
F1 : gaya dari bawah pesawat, satuannya N
F2 : gaya dari atas pesawat, satuannya N
A : luas penampang, satuannya m2 
ρ : massa jenis udara, satuannya Kg/m

Sampai disini dulu penjelasan mengenai pesawat terbang, semoga bermanfaat. thanks. :D Salam fisika. 

2 comments:

  1. Bermanfaat. lanjutkan... sering-sering mosting aja kakak :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, iya ini lagi berusaha buat berkarya lewat tulisan, doakan saja ya, hehe

    ReplyDelete