Saturday, March 17, 2012

RPP Pesawat Sederhana


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KOMPETENSI DASAR Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.







Oleh :
Irham
Pendidikan Fisika
Reguler Pagi



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MULAWARMAN
SAMARINDA 2012



 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMP: Kemagnetan
Satuan Pendidikan          :  SMP N 1 Samarinda
Kelas                                     :  Kelas VIII                                                           
Semester                            :  Semester 2
Mata pelajaran                 :  Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah pertemuan         :  Satu pertemuan
________________________________________________________________________
I.    Standar Kompetensi         :    Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
II.   Kompetensi Dasar                  : Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
III.  Indikator                        
a.       Kognitif
1.       Produk:
a)      Menjelaskan pengertian pesawat sederhana
b)      Menjelaskan macam-macam pesawat sederhana
c)       Menjelaskan apa itu keuntungan mekanis dari pesawat sederhana
d)      Menyebutkan macam-macam pesawat sederhana yang ada di sekitar siswa
2.        Proses:
Merencanakan dan melaksanakan  percobaan untuk menyelidiki  hubungan antara gaya, berat benda, lengan beban dan lengan gaya meliputi:
a)      merumuskan masalah tentang pesawat sederhana,
b)       merumuskan hipotesis hubungan antara gaya, berat benda, lengan beban dan lengan gaya
c)        mengidentifikasi variabel manipulasi yaitu berat beban dan lengan gaya,
d)       mengidentifikasi variabel respon yaitu beban penyeimbang,
e)       mengidentifikasi variabel kontrol ,
f)       melaksanakan eksperimen untuk mencari hubungan antara gaya, berat benda, lengan beban dan lengan gaya,
g)       membuat tabel pengamatan antara gaya, berat benda, lengan beban dan lengan gaya,
h)       melakukan analisis data antara gaya, berat benda, lengan beban dan lengan gaya,
i)         merumuskan kesimpulan antara gaya, berat benda, lengan beban dan lengan gaya.
b.      Psikomotor:
1.       Merakit pesawat sederhana (tuas, katrol dan bidang miring) dari bahan-bahan bekas yang ada disekitar kita.
2.       Mengubah variabel berat benda , lengan beban, lengan gaya pada tuas untuk menyelidiki apa hubungan dari ketiga variabel tersebut.

c.       Afektif
1.       Mengembangkan perilaku berkarakter,  meliputi:
a)      jujur
b)       mandiri
c)        tanggung jawab

2.       Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)      bertanya,
b)       menyumbang ide atau berpendapat,
c)        menjadi pendengar yang baik,
d)      berkomunikasi
                                                       
IV. Tujuan Pembelajaran: 
a.       Kognitif
1.       Produk:
a)      Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar siswa dapat menjelaskan pengertian pesawat sederhana.
b)      Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar, siswa mampu menjelaskan macam-macam pesawat sederhana.
c)       Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar, siswa mampu menjelaskan apa itu keuntungan mekanis dari pesawat sederhana.
d)      Secara mandiri dan tanpa membuka bahan ajar, siswa mampu menyebutkan macam-macam pesawat yang ada disekitar kita.

2.       Proses:
a)      Diberikan LKS SMP  yang telah dimodifikasi dengan mengubah berat beban dan panjang lengan beban,  siswa dapat  melakukan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara gaya, berat beban, lengan beban dan lengan gaya sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan di LP 2: Proses, meliputi: merumusan masalah, merumuskan  hipotesis, mengidentifikasi  variabel manipulasi, mengidentifikasi variabel respon, mengidentifikasi  variabel kontrol, melaksanakan eksperimen, membuat  tabel pengamatan, melakukan  analisis data, dan merumuskan  kesimpulan.
b.      Psikomotor:
1.       Diitugaskan siswa membawa barang-barang bekas yang terkait tentang pesawat sederhana dan  siswa dapat merakit pesawat sederhana sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP Psikomotor.
2.       Disediakan berat beban yang berbeda sehingga siswa dapat mengubah variabel beban dan panjang lengan beban itu sesuai rincian tugas kinerja  di LP 3: Psikomotor.
c.       Afektif
1.       Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan  dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi:  kejujuran, peduli, dan tanggung jawab sesuai LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter.
2.       Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan  dalam menunjukkan keterampilan sosial  bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi sesuai LP 5: Keterampilan Sosial.
V.  Materi Pembelajaran     :  usaha dan energi
                                                                                Buku IPA BSE Kelas VIII hal 279-298
VI. Alokasi Waktu                 :  1 x 40 menit                
VII.  Model dan Metode Pembelajaran:
        Model Pembelajaran: Model Pembelajaran Contextual Teaching and learning
        Metode Pembelajaran: ceramah, diskusi dan eksperimen
VIII.  Kegiatan pembelajaran
A.      Pendahuluan

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat

Catatan Pengamat
1
2
3
4
1.      Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor,  keterampilan sosial, dan perilaku berkarater. (Fase 1 MPK)
2.      Memotivasi siswa dengan mencontohkan jenis-jenis pesawat sederhana yang ada disekitar kita. (Fase 1 MPK)





B.      Inti

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat

Catatan Pengamat
1
2
3
4
 Penggalan 1
1.      Menyajikan informasi berupa rumusan masalah tentang bagaimanakah hubungan antara besar gaya dengan besar beban dengan lengan gaya dan lengan beban dengan mengacu pada LKS SMP: Hubungan gaya yang digunakan dengan berat benda yang diangkat. (Fase 2 MPK).
2.      Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan membagikan LKS SMP itu satu LKS tiap kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa. (Fase 3 MPK)
3.      Membimbing siswa merumuskan hipotesis atas rumusan masalah yang telah diberikan di LKS tersebut sambil memberi kesempatan siswa dengan jujur   melakukan evalusi-diri dengan LP 2: Proses yang dibagikan. (Fase 4 MPK)
4.      Membimbing siswa mengidentifikasi variabel manipulasi, variabel respon, dan variabel kontrol, dengan cara menunjuk satu-dua siswa untuk aktif  menyumbang ide dan meminta siswa lain mengulang ide temannya untuk mengecek apakah ia menjadi pendengar yang baik. (Fase 4 MPK)

Penggalan 2
5.      Membimbing kelompok melaksanakan eksperimen menggunakan KIT sesuai langkah-langkah 1 - 6 yang tertulis di LKS SMP itu dan mengisikan besar gaya agar sistem seimbang sesuai dengan beban yang diketahui itu pada kolom yang sesuai padaTabel 1. Bila ada siswa yang menunjukkan perilaku tidak peduli  atau menunjukkan perilaku  tidak bertanggung jawab segera diingatkan.  (Fase 4 MPK)
6.      Membimbing siswa mengisi kolom jumlah gaya.  Tekankan perlunya jujur  dalam melakukan pengamatan dan mencatat hasil pengamatan itu di dalam tabel. (Fase 4 MPK).
7.      Satu-dua kelompok diminta mengisi Tabel 1 itu di papan tulis dan mengkomunikasikan pekerjaannya kepada kelas untuk memberi  kemudahan guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik . (Fase 5 MPK)
Penggalan 3
8.      Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan grafiknya dan meminta kelas menjadi pendengar yang baik  dengan cara menunjuk satu-dua siswa menanggapi presentasi itu dan dinilai. (Fase 5 MPK)
Penggalan 4
9.      Membimbing kelompok  melakukan analisis dengan mengacu pada bagian Analisis LKS SMP itu. Ditekankan perlunya ikut bertanggung jawab  dan mendengarkan ide teman dalam tugas analisis ini. (Fase 4 MPK).
10.   Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mengkomunikasikan  kinerjanya dan kelompok lain menjadi pendengar yang baik agar dapat memberi pendapat  saat diminta guru. (Fase 5 MPK)
11.   Membimbing  kelompok menarik kesimpulan dengan mengacu pada bagian Kesimpulan LKS SMP. Diingatkan agar aktif menyumbang ide atau berpendapat, dan belajar menjadi pendengar yang baik. (Fase 4 MPK)
12.   Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mengkomunikasikan kinerjanya dan kelompok lain diberi kesempatan  menyumbang ide dan memberi pendapat. (Fase 5 MPK)
13.   Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat  baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. (Fase 6 MPK)






C.      Penutup

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat

Catatan Pengamat
1
2
3
4
1.       Dengan melibatkan siswa menutup pelajaran dengan menyimpulkan ide-ide penting pelajaran  hari ini dan memberi PR mencari tahu bagaimana hubungan antara besar lengan gaya dan besar gaya.






IX.   Penilaian
1.       Produk : LP-1 Tes produk Hubungan antara besar gaya penyeimbang dengan jumlah beban yang diberikan.
2.       Proses : LP 2
3.       Psikomotor : LP 3
4.       Keterampilan Sosial dan perilaku berkarakter : LP 4
5.       Pengamatan Perilaku Keterampilan Sosial : LP 5

X.   Sumber Pembelajaran
1.       LKS SMP: Hubungan Antara gaya, berat beban, lengan beban dan lengan gaya.
2.       Kunci  LKS SMP: Hubungan Antara berat beban, lengan beban dan lengan gaya.
3.       Silabus
4.       Buku SMP IPA BSE




Samarinda,     12 Maret 2012
                                                                                  Guru Bidang studi IPA/Fisika


Irham


LKS SMP:  Hubungan Antara besar beban, lengan beban dan lengan gaya dan besar gaya pada tuas sederhana
Ekeperimen Tidak Dibimbing – INQUIRI PENEMUAN


Tujuan                 :    Menyelidiki Hubungan Antara besar beban, lengan beban dan lengan gaya dan besar gaya.
Alat:
      Sebuah Tuas sederhana
Rumusan Masalah          :  Apakah Ada Hubungan Antara besar beban, lengan beban dan lengan gaya dan besar gaya?
Hipotesis:  ­­­­­­___________________________________________________________________
Variabel               : (a) yang dijaga konstan               : ______________________________________
(b) yang dimanipulasi                   : ______________________________________
(c) yang merespon                        : ______________________________________
Langkah-langkah:
1.      Bangun tuas sederhana dengan alat-alat yang telah dibawa.
2.      Bangun tuas seperti gambar berikut







3.      Berikan beban penyeimbang dan catat besar beban yang diberikan tersebut dalam tabel 1
4.      Ubah lengan gaya dan catat jaraknya dari titik penumpu. Apakah beban penyeimbang akan sama dengan beban penyeimbang?
5.      Lakukan lagi langkah 3 dan 4 sekali lagi.


Tabel 1.  Pengamatan:
Berat beban (kg)

Beban Penyeimbang (kg)

Jarak lengan gaya(m)

Jarak lengan beban(m)












                                               
Analisis                : 1. Apa hubungan antara beban dan beban penyeimbang jika jarak beban dan jarak beban penyeimbang dari titik penumpu sama? Bagaimana jika berbeda?

2. (a) Tulis hubungan antara beban, lengan beban dan beban peyeimbang serta lengan penyeimbang!
________________________________________________________
                            
Kesimpulan        : 1. Apakah hipotesismu diterima?
_________________________________________________________
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
_______________________________________________________________
Penerapan         : Tuas dapat digunakan dalam_________________, _____________, dan ________________________










Kunci LKS SMP: Hubungan Antara besar beban, lengan beban dan lengan gaya dan besar gaya pada tuas sederhana
Ekeperimen Tidak Dibimbing – INQUIRI PENEMUAN
Hubungan Antara Tegangan, Arus, dan Hambatan
Pada tuas sederhana terdapat hubungan sederhana antara beban, lengan beban, gaya dan lengan gaya yang dapat dirumuskan
Dimana Fk = besar gaya (N)
Lk = lengan gaya
Fb = beban
Lb = lengan beban
Tujuan          :  Menyelidiki hubungan antara beban, lengan beban, gaya dan lengan gaya?
Bahan:
      Beban yang bervariasi massanya, sebuah papan  dan sebuah tumpuan.          
Rumusan Masalah           :  Apakah hubungan antara  beban, lengan beban, gaya dan lengan gaya?
Hipotesis            :  Jika jarak lengan beban dan lengan gaya sama, maka beban dan beban penyeimbang juga sama. Semakin besar lengan jarak lengan gaya semakin kecil gaya penyeimbang yang digunakan.
Variabel               : (a) yang dijaga konstan         : beban
(b) yang dimanipulasi   : jarak lengan gaya
(c) yang merespon        : beban penyeimbang


Gambar


Langkah-langkah:
1.      Bangun tuas sederhana dengan alat-alat yang telah dibawa.
2.      Bangun tuas seperti gambar berikut







3.      Berikan beban penyeimbang dan catat besar beban yang diberikan tersebut dalam tabel 1
4.      Ubah lengan gaya dan catat jaraknya dari titik penumpu. Apakah beban penyeimbang akan sama dengan beban penyeimbang?
5.      Lakukan lagi langkah 3 dan 4 sekali lagi.

Tabel 1.  Pengamatan:
Berat beban (kg)

Jarak lengan gaya (m)
Beban Penyeimbang (kg)
)

Jarak lengan beban(m)
1
1
1
1
1
1,5
0,33
0,5
1
1,75
0,14
0,25


Analisis                : 1. Apa hubungan antara beban dan beban penyeimbang jika jarak beban dan jarak beban penyeimbang dari titik penumpu sama? Bagaimana jika berbeda?
Jika jarak lengan beban dan lengan gaya sama maka besar beban dan penyeimbang pasti sama. Jika berbeda maka besarnya pun berbeda tergantung besar lengan beban atau lengan gaya.
2.    Tulis hubungan antara beban, lengan beban dan beban peyeimbang serta lengan penyeimbang! 
Pada tuas sederhana terdapat hubungan sederhana antara beban, lengan beban, gaya dan lengan gaya yang dapat dirumuskan

Kesimpulan        : 1. Apakah hipotesismu diterima?
diterima
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis diterima, yaitu jika lengan gaya semakin besar, maka semakin kecil gaya atau beban penyeimbang yang digunakan.
Penerapan         : tuas dapat digunakan untuk banyak sekali dalam kehidupan sehari misal, pembuka kaleng, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi

Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
Indikator
LP dan Butir Soal
Kunci LP dan Butir Soal
Produk:
1.       Menjelaskan pengertian pesawat sederhana
2.       Menjelaskan macam-macam pesawat sederhana
3.       Menjelaskan apa itu keuntungan mekanis dari pesawat sederhana
4.       Menyebutkan macam-macam pesawat sederhana yang ada di sekitar siswa
LP 1 Produk
Butir 1

Butir 2 dan 3

Butir 4, dan 5

Butir 6
Kunci LP 1 Produk
Butir 1

Butir 2 dan 3

Butir  4 dan 5

Butir 6
Proses:
1.       Merancang dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan gaya, lengan gaya, beban dan lengan beban

LP 2 Proses:   RTK 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru
Psikomotor:
1.       Merakit  sistem tuas sederhana dengan alat dan bahan yan g dibawa masing-masing siswa.
LP 3 Psikomotor:  RTK 1, 2, 3, dan 4
Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru
Karakter:
1.       Jujur, peduli, tanggung jawab, toleransi, selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka dan mendengarkan pendapat teman, tidak mencela teman dengan kasar, membantu teman yang membutuhkan
LP 4 Karakter:  RTK 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9
Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru.
Keterampilan Sosial
1.       Bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi.

LP 5 Keterampilan Sosial: RTK 1, 2, 3, 4
Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru.






Nama:                                                                                   Kelas:                                                    Tanggal:

LP 1: Produk
1.       Apakah yang dimaksud dengan pesawat sederhana?


2.       Sebutkan dan Jelaskan macam-macam pesawat sederhana dan berikan 3 contoh masing-masing dari jenis pesawat sederhana tersebut!



3.       Dengan menggunakan papan yang panjangnya 4 m, pekerja mengerahkan gaya 1250 N untuk memindahkan kotak ke langit-langit yang tingginya 2 m. Berapakah berat kotak itu?




4.       Apa itu keuntungan mekanik dari pesawat sederhana?

5.       Kamu ditugasi untuk memindahkan kotak yang cukup berat ke rak 1 m di atas lantai. Ada tiga papan yang dapat kamu gunakan. Papan pertama panjangnya 2 m, papan kedua 2,5 m , dan papan ketiga 3 m. Papan manakah yang membuat kerjamu paling mudah? Mengapa?


6.       Sebutkan contoh jenis pesawat sederhana yang pernah kalian temui pada kehidupan sehari-hari?






Nama:                                                                                   Kelas:                                                    Tanggal:

Kunci LP 1: Produk
1.       Apakah yang dimaksud dengan pesawat sederhana?
Pesawat sederhana adalah alat-alat yang digunakan untuk mempermudah kerja manusia

2.       Sebutkan dan Jelaskan macam-macam pesawat sederhana dan berikan 3 contoh masing-masing dari jenis pesawat sederhana tersebut!




3.       Dengan menggunakan papan yang panjangnya 4 m, pekerja mengerahkan gaya 1250 N untuk memindahkan kotak ke langit-langit yang tingginya 2 m. Berapakah berat kotak itu?




4.       Apa itu keuntungan mekanik dari pesawat sederhana?

5.       Kamu ditugasi untuk memindahkan kotak yang cukup berat ke rak 1 m di atas lantai. Ada tiga papan yang dapat kamu gunakan. Papan pertama panjangnya 2 m, papan kedua 2,5 m , dan papan ketiga 3 m. Papan manakah yang membuat kerjamu paling mudah? Mengapa?


6.       Sebutkan contoh jenis pesawat sederhana yang pernah kalian temui pada kehidupan sehari-hari?




LP 2:  Proses
Prosedur:
1.       Siapkan alat dan bahan untuk membuat tuas sederhana.
2.       Tugasi siswa menguji sebuah hipotesis: Jika jarak lengan beban dan lengan gaya sama, maka beban dan beban penyeimbang juga sama. Semakin besar  jarak lengan gaya semakin kecil gaya penyeimbang yang digunakan
3.       Siswa diminta untuk membuat tuas sederhana dengan besar lengan gaya dan lengan beban sama.
4.       Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
5.       Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
6.       Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan format ini.
Format Asesmen Kinerja Proses

No

Rincian Tugas Kinerja
Skor Maksimum
Skor Asesmen
Oleh siswa sendiri
Oleh Guru
1
Mengidentifikasi variabel control
10


2
Mengidentifikasi variabel manipulasi
10


3
Mengidentifikasi variabel respon
10


4
Berikan beban penyeimbang dan catat besar beban yang diberikan tersebut dalam tabel 1  LKS SMP


15


5
Ubah lengan gaya dan catat jaraknya dari titik penumpu. Apakah beban penyeimbang akan sama dengan beban penyeimbang? Catat pada tabel 1 LKS SMP.


15


6
Melakukan lagi langkah 5 dengan mengganti jarak lengan gaya dan mengganti beban penyeimbang yang digunakan.

15


7
Mencatat seluruh pengamatan pada Tabel 1 LKS SMP.
15


8
Menarik kesimpulan berdasarkan data pada Tabel 1.
15



Skor Total
100



                                                                                                                                Samarinda,         Maret 2012
 Siswa                                                                                                                 Guru


(                                           )                                                                            (                                                    )
LP 3:  Psikomotor

Prosedur:
1.       Siapkan alat dan bahan untuk membangun tuas sederhana.
2.       Tugasi siswa merakit rangkaian sesuai Gambar 1 LKS SMP.
3.       Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
4.       Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan.
5.       Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan format ini.

Format Asesmen Kinerja Psikomotor

No

Rincian Tugas Kinerja
Skor Maksimum
Skor Asesmen
Oleh siswa sendiri
Oleh Guru
1
Memilih alat dan bahan yang akan digunakan
25


2
Berdiskusi dengan kelompok apa saja alat dan bahan yang akan digunakan.
25


3
Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan seperti ditunjukkan pada Gambar 1 LKS SMP
25


4
Menghubungkan seluruh alat dan bahan seperti ditunjukkan pada Gambar 1 LKS SMP sampai sistem bekerja
25



Skor Total
100



                                                                                                                           
           Samarinda,              Maret 2012
Siswa                                                                                                               Guru





(                                           )                                                                          (                                     )







LP 4 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Siswa:                                                     Kelas:                                          Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan          C = Menunjukkan                    B = Memuaskan                            A = Sangat
        perbaikan                         kemajuan                                                                                        baik
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)

Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan kemajuan (C)
Memuaskan (B)
Sangat baik (A)

1


Jujur





2


Peduli





3


Tanggungjawab




               
                                                                                   Samarinda,         Maret 2012                                                                                                                                         Pengamat

                                               
                                                                                                                (                                                              )







LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Siswa:                                                     Kelas:                                          Tanggal:

Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan          C = Menunjukkan                    B = Memuaskan                            A = Sangat
        perbaikan                         kemajuan                                                                                        baik

Format Pengamatan Keterampilan Sosial

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)

Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan kemajuan (C)
Memuaskan (B)
Sangat baik (A)
1
Bertanya




2
Menyumbang ide atau pendapat




3
Menjadi pendengar yang baik




4
Berkomunikasi






                                                                                                                                Samarinda,         Maret 2012                                                                                                                                         Pengamat
                                               

                                                                                                                (                                                              )


No comments:

Post a Comment