RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KOMPETENSI DASAR Melakukan percobaan tentang pesawat
sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh :
Irham
Pendidikan Fisika
Reguler Pagi
FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MULAWARMAN
SAMARINDA 2012
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMP: Kemagnetan
Satuan
Pendidikan : SMP N 1 Samarinda
Kelas :
Kelas VIII
Semester : Semester 2
Mata
pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah
pertemuan : Satu pertemuan
________________________________________________________________________
I.
Standar Kompetensi : Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
II. Kompetensi Dasar :
Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
III.
Indikator
a. Kognitif
1. Produk:
a) Menjelaskan pengertian
pesawat sederhana
b) Menjelaskan macam-macam
pesawat sederhana
c) Menjelaskan apa
itu keuntungan mekanis dari pesawat sederhana
d) Menyebutkan
macam-macam pesawat sederhana yang ada di sekitar siswa
2. Proses:
Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya, berat benda, lengan
beban dan lengan gaya meliputi:
a) merumuskan masalah tentang pesawat
sederhana,
b) merumuskan hipotesis hubungan antara gaya,
berat benda, lengan beban dan lengan gaya
c) mengidentifikasi variabel manipulasi yaitu
berat beban dan lengan gaya,
d) mengidentifikasi variabel respon yaitu beban
penyeimbang,
e) mengidentifikasi variabel kontrol ,
f) melaksanakan eksperimen untuk mencari
hubungan antara gaya, berat benda, lengan beban dan lengan gaya,
g) membuat tabel pengamatan antara gaya, berat
benda, lengan beban dan lengan gaya,
h) melakukan analisis data antara gaya, berat benda, lengan beban dan
lengan gaya,
i)
merumuskan kesimpulan antara gaya, berat
benda, lengan beban dan lengan gaya.
b. Psikomotor:
1. Merakit pesawat sederhana (tuas,
katrol dan bidang miring) dari bahan-bahan bekas yang ada disekitar kita.
2. Mengubah variabel berat benda , lengan
beban, lengan gaya pada tuas untuk menyelidiki apa hubungan dari ketiga variabel
tersebut.
c. Afektif
1.
Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi:
a)
jujur
b)
mandiri
c)
tanggung jawab
2. Mengembangkan keterampilan sosial,
meliputi:
a) bertanya,
b) menyumbang ide atau berpendapat,
c) menjadi pendengar yang baik,
d) berkomunikasi
IV. Tujuan Pembelajaran:
a. Kognitif
1. Produk:
a) Secara mandiri dan tanpa membuka bahan
ajar siswa dapat menjelaskan pengertian pesawat sederhana.
b) Secara mandiri dan tanpa membuka bahan
ajar, siswa mampu menjelaskan macam-macam pesawat sederhana.
c) Secara mandiri dan tanpa membuka bahan
ajar, siswa mampu menjelaskan apa itu keuntungan mekanis dari pesawat
sederhana.
d) Secara mandiri dan tanpa membuka bahan
ajar, siswa mampu menyebutkan macam-macam pesawat yang ada disekitar kita.
2. Proses:
a) Diberikan LKS SMP yang telah dimodifikasi dengan mengubah berat
beban dan panjang lengan beban, siswa
dapat melakukan eksperimen untuk
menyelidiki hubungan antara gaya, berat beban, lengan beban dan lengan gaya
sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan di LP 2: Proses, meliputi: merumusan
masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi
variabel manipulasi, mengidentifikasi variabel
respon, mengidentifikasi variabel kontrol,
melaksanakan eksperimen, membuat tabel
pengamatan, melakukan analisis data, dan
merumuskan kesimpulan.
b. Psikomotor:
1. Diitugaskan siswa membawa
barang-barang bekas yang terkait tentang pesawat sederhana dan siswa dapat merakit pesawat sederhana sesuai
rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP Psikomotor.
2. Disediakan berat beban yang berbeda
sehingga siswa dapat mengubah variabel beban dan panjang lengan beban itu sesuai
rincian tugas kinerja di LP 3:
Psikomotor.
c. Afektif
1.
Karakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat
Membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku
berkarakter meliputi: kejujuran, peduli,
dan tanggung jawab sesuai LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter.
2.
Keterampilan
sosial:
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai
pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan
keterampilan sosial bertanya, menyumbang
ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi sesuai LP 5:
Keterampilan Sosial.
V. Materi Pembelajaran : usaha dan energi
Buku
IPA BSE Kelas VIII hal 279-298
VI. Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
VII.
Model dan Metode Pembelajaran:
Model Pembelajaran: Model Pembelajaran Contextual Teaching and learning
Metode Pembelajaran: ceramah, diskusi dan eksperimen
VIII. Kegiatan pembelajaran
A.
Pendahuluan
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
Catatan Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1. Mengkomunikasikan tujuan
pembelajaran produk, proses, psikomotor,
keterampilan sosial, dan perilaku berkarater. (Fase 1 MPK)
2. Memotivasi siswa dengan mencontohkan
jenis-jenis pesawat sederhana yang ada disekitar kita. (Fase 1 MPK)
|
B.
Inti
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
Catatan Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Penggalan
1
1.
Menyajikan
informasi berupa rumusan masalah tentang bagaimanakah hubungan antara besar
gaya dengan besar beban dengan lengan gaya dan lengan beban dengan mengacu
pada LKS SMP: Hubungan gaya yang digunakan dengan berat benda yang diangkat.
(Fase 2 MPK).
2.
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan membagikan LKS SMP itu satu LKS
tiap kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa. (Fase 3 MPK)
3. Membimbing siswa merumuskan
hipotesis atas rumusan masalah yang telah diberikan di LKS tersebut sambil
memberi kesempatan siswa dengan jujur
melakukan evalusi-diri dengan LP 2: Proses yang dibagikan. (Fase 4
MPK)
4. Membimbing siswa mengidentifikasi
variabel manipulasi, variabel respon, dan variabel kontrol, dengan cara
menunjuk satu-dua siswa untuk aktif menyumbang
ide dan meminta siswa lain mengulang ide temannya untuk mengecek apakah ia menjadi
pendengar yang baik. (Fase 4 MPK)
Penggalan
2
5. Membimbing kelompok melaksanakan
eksperimen menggunakan KIT sesuai langkah-langkah 1 - 6 yang tertulis di LKS
SMP itu dan mengisikan besar gaya agar sistem seimbang sesuai dengan beban
yang diketahui itu pada kolom yang sesuai padaTabel 1. Bila ada siswa yang menunjukkan
perilaku tidak peduli atau menunjukkan
perilaku tidak bertanggung jawab
segera diingatkan. (Fase 4 MPK)
6. Membimbing siswa mengisi kolom
jumlah gaya. Tekankan perlunya jujur dalam melakukan pengamatan dan mencatat
hasil pengamatan itu di dalam tabel. (Fase 4 MPK).
7. Satu-dua kelompok diminta mengisi
Tabel 1 itu di papan tulis dan mengkomunikasikan pekerjaannya kepada
kelas untuk memberi kemudahan guru
melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi
pendengar yang baik . (Fase 5 MPK)
Penggalan 3
8. Melakukan evaluasi formatif dengan
cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan
grafiknya dan meminta kelas menjadi pendengar yang baik dengan cara menunjuk satu-dua siswa
menanggapi presentasi itu dan dinilai. (Fase 5 MPK)
Penggalan 4
9. Membimbing kelompok melakukan
analisis dengan mengacu pada bagian Analisis
LKS SMP itu. Ditekankan perlunya ikut bertanggung
jawab dan mendengarkan ide teman dalam tugas analisis ini. (Fase 4 MPK).
10. Melakukan evaluasi formatif dengan
cara meminta satu-dua kelompok mengkomunikasikan kinerjanya dan kelompok lain menjadi
pendengar yang baik agar dapat memberi pendapat saat diminta guru. (Fase 5 MPK)
11. Membimbing kelompok menarik kesimpulan dengan mengacu pada bagian Kesimpulan LKS SMP. Diingatkan agar
aktif menyumbang ide atau berpendapat, dan belajar menjadi
pendengar yang baik. (Fase 4 MPK)
12. Melakukan evaluasi formatif dengan
cara meminta satu-dua kelompok mengkomunikasikan kinerjanya dan
kelompok lain diberi kesempatan menyumbang
ide dan memberi pendapat. (Fase 5 MPK)
13. Memberikan penghargaan kepada
individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.
(Fase 6 MPK)
|
C.
Penutup
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
Catatan Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1. Dengan melibatkan siswa menutup
pelajaran dengan menyimpulkan ide-ide penting pelajaran hari ini dan memberi PR mencari tahu bagaimana
hubungan antara besar lengan gaya dan besar gaya.
|
IX. Penilaian
1.
Produk : LP-1 Tes produk Hubungan antara besar gaya penyeimbang
dengan jumlah beban yang diberikan.
2.
Proses : LP 2
3.
Psikomotor : LP 3
4.
Keterampilan Sosial dan perilaku berkarakter : LP 4
5.
Pengamatan Perilaku Keterampilan Sosial : LP 5
X.
Sumber Pembelajaran
1.
LKS
SMP: Hubungan Antara gaya, berat beban, lengan beban dan lengan gaya.
2.
Kunci LKS SMP: Hubungan Antara berat beban, lengan
beban dan lengan gaya.
3.
Silabus
4.
Buku
SMP IPA BSE
Samarinda, 12
Maret 2012
Guru Bidang studi IPA/Fisika
Irham
LKS SMP: Hubungan Antara besar beban, lengan beban dan lengan gaya dan
besar gaya pada tuas sederhana
Ekeperimen
Tidak Dibimbing – INQUIRI PENEMUAN
Tujuan :
Menyelidiki Hubungan Antara besar
beban, lengan beban dan lengan gaya dan besar gaya.
Alat:
Sebuah Tuas sederhana
Rumusan Masalah : Apakah Ada Hubungan Antara besar beban,
lengan beban dan lengan gaya dan besar gaya?
Hipotesis: ___________________________________________________________________
Variabel : (a)
yang dijaga konstan :
______________________________________
(b) yang dimanipulasi :
______________________________________
(c) yang merespon :
______________________________________
Langkah-langkah:
1.
Bangun tuas sederhana dengan
alat-alat yang telah dibawa.
2.
Bangun tuas seperti gambar
berikut
3.
Berikan beban penyeimbang dan
catat besar beban yang diberikan tersebut dalam tabel 1
4.
Ubah lengan gaya dan catat
jaraknya dari titik penumpu. Apakah beban penyeimbang akan sama dengan beban
penyeimbang?
5.
Lakukan lagi langkah 3 dan 4
sekali lagi.
Tabel
1. Pengamatan:
Berat beban (kg)
|
Beban Penyeimbang (kg)
|
Jarak lengan gaya(m)
|
Jarak lengan beban(m)
|
Analisis : 1. Apa hubungan
antara beban dan beban penyeimbang jika jarak beban dan jarak beban penyeimbang
dari titik penumpu sama? Bagaimana jika berbeda?
2. (a) Tulis
hubungan antara beban, lengan beban dan beban peyeimbang serta lengan
penyeimbang!
________________________________________________________
Kesimpulan : 1. Apakah hipotesismu diterima?
_________________________________________________________
2. Kesimpulan apa
yang dapat dibuat?
_______________________________________________________________
Penerapan : Tuas dapat digunakan dalam_________________, _____________, dan
________________________
Kunci LKS SMP: Hubungan
Antara besar beban, lengan beban dan lengan gaya dan besar gaya pada tuas
sederhana
Ekeperimen
Tidak Dibimbing – INQUIRI PENEMUAN
Hubungan Antara Tegangan, Arus, dan
Hambatan
Pada tuas
sederhana terdapat hubungan sederhana antara beban, lengan beban, gaya dan
lengan gaya yang dapat dirumuskan
Dimana Fk = besar
gaya (N)
Lk = lengan gaya
Fb = beban
Lb = lengan beban
Tujuan :
Menyelidiki hubungan antara beban, lengan beban, gaya dan lengan gaya?
Bahan:
Beban yang
bervariasi massanya, sebuah papan dan
sebuah tumpuan.
Rumusan Masalah :
Apakah hubungan antara beban,
lengan beban, gaya dan lengan gaya?
Hipotesis : Jika jarak
lengan beban dan lengan gaya sama, maka beban dan beban penyeimbang juga sama.
Semakin besar lengan jarak lengan gaya semakin kecil gaya penyeimbang yang digunakan.
Variabel : (a)
yang dijaga konstan : beban
(b) yang dimanipulasi : jarak lengan gaya
(c) yang merespon : beban penyeimbang
Gambar
Langkah-langkah:
1.
Bangun tuas sederhana dengan
alat-alat yang telah dibawa.
2.
Bangun tuas seperti gambar
berikut
3.
Berikan beban penyeimbang dan
catat besar beban yang diberikan tersebut dalam tabel 1
4.
Ubah lengan gaya dan catat
jaraknya dari titik penumpu. Apakah beban penyeimbang akan sama dengan beban
penyeimbang?
5.
Lakukan lagi langkah 3 dan 4
sekali lagi.
Tabel
1. Pengamatan:
Berat beban (kg)
|
Jarak
lengan gaya (m)
|
Beban Penyeimbang (kg)
)
|
Jarak lengan beban(m)
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1,5
|
0,33
|
0,5
|
1
|
1,75
|
0,14
|
0,25
|
Analisis : 1. Apa hubungan
antara beban dan beban penyeimbang jika jarak beban dan jarak beban penyeimbang
dari titik penumpu sama? Bagaimana jika berbeda?
Jika jarak lengan
beban dan lengan gaya sama maka besar beban dan penyeimbang pasti sama. Jika
berbeda maka besarnya pun berbeda tergantung besar lengan beban atau lengan
gaya.
2. Tulis hubungan antara beban, lengan
beban dan beban peyeimbang serta lengan penyeimbang!
Pada tuas sederhana terdapat hubungan sederhana antara beban, lengan
beban, gaya dan lengan gaya yang dapat dirumuskan
Kesimpulan : 1. Apakah hipotesismu diterima?
diterima
2. Kesimpulan apa
yang dapat dibuat?
Hipotesis
diterima, yaitu jika lengan gaya semakin besar, maka semakin kecil gaya atau
beban penyeimbang yang digunakan.
Penerapan : tuas dapat digunakan untuk banyak sekali dalam kehidupan sehari
misal, pembuka kaleng, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi
Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
Indikator
|
LP
dan Butir Soal
|
Kunci
LP dan Butir Soal
|
Produk:
1. Menjelaskan pengertian
pesawat sederhana
2. Menjelaskan
macam-macam pesawat sederhana
3. Menjelaskan apa
itu keuntungan mekanis dari pesawat sederhana
4. Menyebutkan
macam-macam pesawat sederhana yang ada di sekitar siswa
|
LP
1 Produk
Butir
1
Butir
2 dan 3
Butir
4, dan 5
Butir 6
|
Kunci
LP 1 Produk
Butir
1
Butir
2 dan 3
Butir 4 dan 5
Butir 6
|
Proses:
1.
Merancang
dan melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan gaya, lengan gaya,
beban dan lengan beban
|
LP
2 Proses: RTK 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8,
9
|
Dipercayakan
kepada judgement Penilai/Guru
|
Psikomotor:
1.
Merakit sistem tuas sederhana dengan alat dan bahan
yan g dibawa masing-masing siswa.
|
LP
3 Psikomotor: RTK 1, 2, 3, dan 4
|
Dipercayakan
kepada judgement Penilai/Guru
|
Karakter:
1. Jujur, peduli, tanggung jawab,
toleransi, selalu melakukan yang terbaik, kreatif, terbuka dan mendengarkan
pendapat teman, tidak mencela teman dengan kasar, membantu teman yang
membutuhkan
|
LP
4 Karakter: RTK 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8
dan 9
|
Seluruh
RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan
kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru.
|
Keterampilan Sosial
1. Bertanya, menyumbang ide atau
berpendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi.
|
LP
5 Keterampilan Sosial: RTK 1, 2, 3, 4
|
Seluruh
RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan
kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru.
|
Nama: Kelas: Tanggal:
LP 1: Produk
1.
Apakah
yang dimaksud dengan pesawat sederhana?
2.
Sebutkan
dan Jelaskan macam-macam pesawat sederhana dan berikan 3 contoh masing-masing
dari jenis pesawat sederhana tersebut!
3.
Dengan menggunakan papan yang panjangnya 4 m, pekerja
mengerahkan gaya 1250 N untuk memindahkan kotak ke langit-langit yang tingginya
2 m. Berapakah berat kotak itu?
4.
Apa
itu keuntungan mekanik dari pesawat sederhana?
5.
Kamu ditugasi untuk memindahkan kotak yang cukup berat ke rak 1
m di atas lantai. Ada tiga papan yang dapat kamu gunakan. Papan pertama
panjangnya 2 m, papan kedua 2,5 m , dan papan ketiga 3 m. Papan manakah yang
membuat kerjamu paling mudah? Mengapa?
6.
Sebutkan
contoh jenis pesawat sederhana yang pernah kalian temui pada kehidupan
sehari-hari?
Nama: Kelas: Tanggal:
Kunci LP 1: Produk
1.
Apakah
yang dimaksud dengan pesawat sederhana?
Pesawat
sederhana adalah alat-alat yang digunakan untuk mempermudah kerja manusia
2.
Sebutkan
dan Jelaskan macam-macam pesawat sederhana dan berikan 3 contoh masing-masing
dari jenis pesawat sederhana tersebut!
3.
Dengan menggunakan papan yang panjangnya 4 m, pekerja
mengerahkan gaya 1250 N untuk memindahkan kotak ke langit-langit yang tingginya
2 m. Berapakah berat kotak itu?
4.
Apa
itu keuntungan mekanik dari pesawat sederhana?
5.
Kamu ditugasi untuk memindahkan kotak yang cukup berat ke rak 1
m di atas lantai. Ada tiga papan yang dapat kamu gunakan. Papan pertama
panjangnya 2 m, papan kedua 2,5 m , dan papan ketiga 3 m. Papan manakah yang
membuat kerjamu paling mudah? Mengapa?
6.
Sebutkan
contoh jenis pesawat sederhana yang pernah kalian temui pada kehidupan sehari-hari?
LP
2: Proses
Prosedur:
1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat
tuas sederhana.
2. Tugasi siswa menguji sebuah hipotesis:
Jika jarak lengan beban dan lengan gaya
sama, maka beban dan beban penyeimbang juga sama. Semakin besar jarak lengan gaya semakin kecil gaya
penyeimbang yang digunakan
3. Siswa diminta untuk membuat tuas
sederhana dengan besar lengan gaya dan lengan beban sama.
4. Penentuan skor kinerja siswa mengacu
pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
5. Berikan format ini kepada siswa
sebelum asesmen dilakukan.
6. Siswa diijinkan mengases kinerja
mereka sendiri dengan menggunakan format ini.
Format Asesmen Kinerja Proses
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh Guru
|
|||
1
|
Mengidentifikasi
variabel control
|
10
|
||
2
|
Mengidentifikasi
variabel manipulasi
|
10
|
||
3
|
Mengidentifikasi
variabel respon
|
10
|
||
4
|
Berikan beban penyeimbang dan
catat besar beban yang diberikan tersebut dalam tabel 1 LKS SMP
|
15
|
||
5
|
Ubah lengan gaya dan catat jaraknya dari
titik penumpu. Apakah beban penyeimbang akan sama dengan beban penyeimbang?
Catat pada tabel 1 LKS SMP.
|
15
|
||
6
|
Melakukan lagi
langkah 5 dengan mengganti jarak lengan gaya dan mengganti beban penyeimbang
yang digunakan.
|
15
|
||
7
|
Mencatat seluruh
pengamatan pada Tabel 1 LKS SMP.
|
15
|
||
8
|
Menarik kesimpulan
berdasarkan data pada Tabel 1.
|
15
|
||
Skor Total
|
100
|
Samarinda,
Maret 2012
Siswa Guru
( ) ( )
LP 3:
Psikomotor
Prosedur:
1. Siapkan alat dan bahan untuk membangun
tuas sederhana.
2. Tugasi siswa merakit rangkaian sesuai
Gambar 1 LKS SMP.
3. Penentuan skor kinerja siswa mengacu
pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini.
4. Berikan format ini kepada siswa
sebelum asesmen dilakukan.
5. Siswa diijinkan mengases kinerja
mereka sendiri dengan menggunakan format ini.
Format Asesmen Kinerja Psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh Guru
|
|||
1
|
Memilih alat dan
bahan yang akan digunakan
|
25
|
||
2
|
Berdiskusi dengan
kelompok apa saja alat dan bahan yang akan digunakan.
|
25
|
||
3
|
Menyiapkan seluruh
alat dan bahan yang dibutuhkan seperti ditunjukkan pada Gambar 1 LKS SMP
|
25
|
||
4
|
Menghubungkan
seluruh alat dan bahan seperti ditunjukkan pada Gambar 1 LKS SMP sampai
sistem bekerja
|
25
|
||
Skor Total
|
100
|
Samarinda, Maret 2012
Siswa Guru
( ) ( )
LP 4
: Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Siswa:
Kelas: Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas
perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan C =
Menunjukkan B = Memuaskan A =
Sangat
perbaikan kemajuan
baik
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan kemajuan (C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Jujur
|
||||
2
|
Peduli
|
||||
3
|
Tanggungjawab
|
Samarinda,
Maret 2012 Pengamat
( )
LP 5:
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Siswa: Kelas:
Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas
keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan C =
Menunjukkan B =
Memuaskan A = Sangat
perbaikan kemajuan
baik
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan kemajuan (C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Bertanya
|
||||
2
|
Menyumbang ide
atau pendapat
|
||||
3
|
Menjadi
pendengar yang baik
|
||||
4
|
Berkomunikasi
|
Samarinda,
Maret 2012 Pengamat
( )
No comments:
Post a Comment