Sunday, November 11, 2012

BAGAIMANA ANDA BISA MENGUASAI FISIKA


BAGAIMANA ANDA BISA MENGUASAI FISIKA
Mark Hollabaugh, Normandale Community College

Fisika meliputi hal yang besar dan yang kecil, yang lama dan yang baru. Dari atom sampai galaksi, dari rangkaian listrik ke aerodinamika, fisika menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Anda mungkin saja sedang mengambil kuliah fisika berbasis-kalkulus Karena pelajaran ini dibutuhkan dalam kuliah-kuliah berikutnya yang akan anda ambil demi persiapan karir di bidang sains atau teknik. Dosen anda tentunya ingin anda mempelajari mata kuliah yang menarik ini. Inilah sebagian dari alas an-alasan mengapa dosen anda memilih buku ini untuk mata kuliah anda. Terdapat juga alasan lain mengapa Dr. Young dan Dr. Freedman meminta saya menulis bagian ini; karena kami ingin anda berhasil!
                Tujuan bagian ini ialah member anda sejumlah gagsan yang akan membantu anda belajar. Saran-saran yang spesifik tentang cara penggunaan buku ajar ini akan mengikuti pembahasan singkat tentang perilaku dan strategi belajar yang umum

PERSIAPAN UNTUK KULIAH INI
Jika anda pernah mempelajari fisika di SMA, anda kemungkinan besar dapat mempelajari konsep ini lebih cepat daripada mereka yang belum, karena anda telah terbiasa dengan istilah-istilah fisika.
                Jika bahasa inggris adalah bahasa asing (bahasa kedua) bagi anda, buatlah glosarium untuk istilah istilah yang baru bagi anda dan pastikan bahwa anda memahami bagaimana menggunakannya dalam fisika. Demikian pula jika anda telah memiliki dasar-dasar matematika yang kuat, anda akan dapat menguasai aspek matematis dari fisika secara cepat. Bahkan jika matematika anda mencukupi, anda akan menyadari bahwa buku seperti Preparing for general physics: math skill drills and other useful help (versi kalkulus), karangan Arnold D. Pickar, akan bermanfaat. Dosen anda sebenarnya dapat saja menggunakan buku matematika ini untuk membantu pelajaran anda

BELAJAR UNTUK BELAJAR
Masing-masing dari kita memiliki gaya dan cara belajar yang berbeda. Memahami gaya belajar anda sendiri  akan membantu anda memfokuskan diri pada aspek-aspek fisika yang mungkin menyulitkan anda dan menggunakan komponen-komponen kuliah yang bisa membantu anda mengatasi kesulitan tersebut. Jelas bahwa anda ingin meluangkan waktu lebih banyak pada aspek-aspek yang terasa paling menyulitkan anda. Jika anda tipe orang yang belajar dari mendengar saja, maka kuliah memiliki arti yang sangat penting bagi anda. Jika anda tipe orang yang belajar dengan cara memberikan penjelasan, maka bekerja dengan mahasiswa lain akan bermanfaat buat anda. Jika penyelesaian soal adalah hal yang sulit bagi anda, luangkanlah lebih banyak waktu untuk belajar bagaimana menyelesaikan soal. Penting juga untuk memahami dan mengembangkan perilaku belajar yang baik. Mungkin hal yang paling penting yang dapat anda lakukan ialah menyisihkan waktu belajar yang cukup, terjadwal dengan teratur, dalam lingkungan yang bebas gangguan.
Cobalah anda jawab sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
·         Dapatkah saya menggunakan konsep-konsep matematika dasar dari aljabar, geometri, dan trigonometri? (Jika tidak, rencanakanlah program penelaahan dengan bantuan dosen anda.
·         Dalam mata kuliah yang serupa, kegiatan apakah yang paling menyulitkan saya?(luangkan lebih banyak waktu untuk hal ini.) apa sajakah yang paling mudah bagi saya? (lakukan ini terlebih dahulu: ini akan membuat anda percaya diri).
·         Apakah saya memahami bahan pelajaran lebih baik jika saya membaca bukunya sebelum kuliah? Atau justru setelah kuliah? (Menurut kami, metode yang ideal adalah: membaca selintas materi pelajaran yang akan dibahas sebelum kuliah, mengikuti kuliah dengan tekun, dan membaca materi itu lagi secara mendalam seusai kuliah.)
·         Apakah saya meluangkan waktu yang cukup dalam mempelajari fisika? (yang menurut kami cukup baik ialah kalau anda mengkhususkan, secara rata-rata, 2,5 jam diluar ruang kuliah untuk setiap jam yang anda tempuh diruang kuliah. Itu berarti, untuk temu muka sebanyak 5 jam tiap pekan anda harus meluangkan kira-kira 10-15 jam per pekan untuk mempelajari fisika
·         Apakah saya setiap hari belajar fisika? (bagilah 10 hingga 15 jam hasil perhitungan diatas- selama sepekan!) pada pukul berapakah setiap harinya yang terbaik untuk mempelajari fisika? (buatlah jadwal dengan menetapkan waktu tertentu untuk belajar fisika setiap hari dan lakukanlah dengan disiplin)
·         Apakah saya bekerja di tempat tenang, dimana saya dapat memusatkan perhatian saya? (Gangguan akan merusak rutinitas dan keseriusan anda, dan menyebabkan anda kehilangan poin-poin yang penting.)
BEKERJA BERSAMA ORANG LAIN
Ilmuwan atau insinyur jarang bekerja sendiri, dan lebih seringtergabung dalam tim. Anda pun akan dapat mempelajari fisika lebih banyak ---sekaligus mendapatkan kegembiraan dalam melakukannya--- jika anda bekerja dengan mahasiswa lain. Beberapa dosen dapat saja memformalkan penerapan belajar bersama atau memfasilitasi pembentukan kelompok belajar. Anda mungkin ingin membentuk kelompok belajar informal anda sendiri dengan sejumlah mahasiswa yang juga mengambil mata kuliah fisika dan tinggal di lingkungan atau bahkan asrama anda. Jika anda memiliki akses e-mail, anda dapat memanfaatkannya untuk berhubungan secara on-line satu sama lain. Kelompok belajar anda merupakan suatu sumberdaya yang sangat bagus, terutama ketika anda akan menghadapi ujian!
KULIAH DAN MENCATAT
Komponen penting dari setiap mata kuliah di perguruan tinggi ialah kuliah. Dalam bidang fisika, kuliah ini sangat penting karena disitulah dosen anda bisa lebih sering memperagakan prinsip-prinsip fisika, menjalankan simulasi computer, atau bahkan menayangkan klip video. Semua ini merupakan kegiatan belajar yang membantu anda memahami prinsip-prinsip dasar fisika. Hindari absen kalau sesungguhnya anda bisa masuk kuliah, namun jika anda terpaksa absen, minta lah kawan anda atau anggota kelompok belajar anda untuk meminjamkan catatannya dan memberitahu apa yang terjadi di kelas pada hari itu.
                Buatlah catatn anda dalam bentuk garis besar,dan lengkapi rinciannya nanti. Akan sangat sulit untuk mencatat kata demi kata, jadi, tulislah gagasannya saja. Bisa jadi dosen anda mengambil diagram dari buku ini. Kosongkan tempat pada buku catatan anda dan tambahkan saja diagram itu nanti. Setelah kuliah berakhir, editlah catatan anda tersebut, dengan mengisi yang kosong atau yang hilang dan catat hal-hal yang akan dipelajari lebih lanjut. Buatlah acuan pada buku ajar ini berdasarkan nomor halaman, nomor persamaan atau subbabnya.
                Pastikan bahwa anda aktif bertanya diruang kuliah, atau temuilah dosen anda selama jam kerja. Ingatlah bahwa yang dimaksud dengan pertanyaan “bodoh” ialah pertanyaan yang tidak ditanyakan. Perguruan tinggi anda kemungkinan besar memiliki asisten atau tutor sejawat yang selalu bersedia membantu anda dalam menyelesaikan kesulitan-kesulitan anda dalam menempuh pelajaran ini.
UJIAN
Menghadapi ujian memang menegangkan. Tetapi jika anda merasa telah melakukan persiapan yang matang dan istirahat yang cukup, ketegangan anda akan berkurang. Persiapan untuk menghadapi ujian merupakan proses yang berkelanjutan; persiapanini bermula sejak usainya ujian anda yang terakhir. Anda harus segera memeriksa ujian tersebut dan memahami setiap kesalahan yang anda buat. Jika anda mengerjakan soal dan membuat kesalahan besar, cobalah yang ini: ambilah secarik kertas dan bagilah sama besar dengan garis  tegak dari atas ke bawah. Dalam satu kolom, tulislah penyelesaian yang benar untuk soal itu. Pada kolom lain, tulislah apa yang anda kerjakan dan mengapa, jika anda mengetahuinya, dan mengapa penyelesaian itu salah. Jika anda tidak yakin mengapa anda membuat kesalahan, dan anda tidak tahu bagaimana caranya menghindari kesalahan itu lagi, anda harus berbicara dengan dosen anda. Fisika dibangun dari ide-ide mendasar, sehingga sangat penting bagi anda untuk memperbaiki setiap kesalahan konsep sesegera mungkin.

Sumber: Fisika Universitas Young Freedman

No comments:

Post a Comment